Digital Marketing Kalimantan - Cara Kerja Transformasi Digital


Digital Marketing Kalimantan - Transformasi digital tidak akan terjadi dengan sendirinya, tanpa adanya aspek utama yang menjadi penyebab mengapa hal tersebut terjadi. 

3 aspek utama dalam transformasi digital adalah:

1. Manusia
Ya, Anda dan kita semua merupakan aspek pertama dalam transformasi digital, di mana keterampilan digital, budaya digital, bahkan sampai struktur organisasi bisnis pun semuanya diisi dan digerakkan oleh manusia, bukanlah robot. Itulah mengapa aspek ini begitu penting dan menjadi pondasi dasar terjadinya transformasi digital.

2. Teknologi
Dalam transformasi digital, manusia saja tidaklah bisa berdiri sendiri tanpa adanya teknologi yang mendukung. Peran teknologi di sini adalah lebih sebagai alat yang nantinya digunakan manusia untuk menunjang pemenuhan kebutuhan serta permintaan.

Teknologi yang tengah berkembang saat ini seperti AI, Machine Learning, Deep Learning, Cloud Computing, Blockchain, Internet of Things (IoT), Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), bahkan beberapa kita juga mendengar istilah Metaverse.

3. Bisnis
Aspek terakhir yang tidak kalah penting adalah mengenai bisnis yang juga harus ditransformasikan. Transformasi bisnis adalah suatu proses perubahan sistem bisnis, baik sebagian maupun keseluruhan dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar dapat meningkatkan kinerja, efektivitas, serta efisiensi bisnis.

Hal-hal penting dalam aspek bisnis ini dapat berupa model bisnis, proses bisnis internal & eksternal, manajemen pelanggan, dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Marketing Kalimantan - Begini Pemasaran Internet

Langkah Social Media Marketing di Indonesia

Digital Agency Depok - Tips Reputation Management Di Dunia Digital