Digital Marketing Kalimantan - Yuk, Ketahui Cara Riset Pasar Online
Digital Marketing Kalimantan - Riset Pasar merupakan proses mengumpulkan informasi tentang kebutuhan konsumen dengan tujuan untuk memahami target pasar suatu perusahaan atau bisnis.
Biasanya riset pemasaran dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk, meningkatkan pengalaman pengguna, mencari tau aktivitas kompetitor, membuat pesan pemasaran yang dapat mendatangkan penjualan.
Aktivitas riset dapat dilakukan secara mandiri atau menggunakan bantuan dari pihak ketiga seperti Digital Agency. Dalam prosesnya, pengambilan riset dapat dilakukan dengan menggunakan teknik survei, product testing, interview dan focus group.
Dalam suatu perusahaan, riset pemasaran sangat penting bagi divisi Research and Development. Hal ini bermanfaat sebagai bentuk dari masukan sebelum meluncurkan suatu produk atau layanan baru.
Riset pasar bertujuan untuk mengetahui tipikal pasar yang menggunakan suatu produk atau jasa dan bagaimana pasar bereaksi atas produk atau jasa yang akan dipasarkan.
Dalam konteks ini riset biasanya dilakukan sebelum peluncuran produk atau bisa jadi setelah produk diluncurkan. Namun, hasil yang diinginkan akan berbeda-beda sesuai dengan tujuan riset yang diinginkan.
Manfaat riset pasar adalah
- Mengenal konsumen lebih dekat
- Mendapatkan masukan yang bermanfaat bagi perkembangan produk/jasa
- Dapat memahami segmentasi pasar dan product differentiation
- Membantu untuk mengetahui kompetitor produk
- Untuk mengetahui tren pasar kedepannya
Komentar
Posting Komentar