Digital Agency Depok - Begini Cara Meriset Pasar Online
Digital Agency Depok - Riset Pasar merupakan proses mengumpulkan informasi tentang kebutuhan konsumen dengan tujuan untuk memahami target pasar suatu perusahaan atau bisnis.
Biasanya riset pemasaran dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk, meningkatkan pengalaman pengguna, mencari tau aktivitas kompetitor, membuat pesan pemasaran yang dapat mendatangkan penjualan.
Aktivitas riset dapat dilakukan secara mandiri atau menggunakan bantuan dari pihak ketiga seperti Digital Agency. Dalam prosesnya, pengambilan riset dapat dilakukan dengan menggunakan teknik survei, product testing, interview dan focus group.
Dalam suatu perusahaan, riset pemasaran sangat penting bagi divisi Research and Development. Hal ini bermanfaat sebagai bentuk dari masukan sebelum meluncurkan suatu produk atau layanan baru.
Riset pasar bertujuan untuk mengetahui tipikal pasar yang menggunakan suatu produk atau jasa dan bagaimana pasar bereaksi atas produk atau jasa yang akan dipasarkan.
Dalam konteks ini riset biasanya dilakukan sebelum peluncuran produk atau bisa jadi setelah produk diluncurkan. Namun, hasil yang diinginkan akan berbeda-beda sesuai dengan tujuan riset yang diinginkan.
Manfaat riset pasar adalah
- Mengenal konsumen lebih dekat
- Mendapatkan masukan yang bermanfaat bagi perkembangan produk/jasa
- Dapat memahami segmentasi pasar dan product differentiation
- Membantu untuk mengetahui kompetitor produk
- Untuk mengetahui tren pasar kedepannya
Dalam mengumpulkan informasi terdapat dua data yang biasa digunakan, yaitu :
- Data Primer, merupakan data yang telah dikumpulkan oleh seseorang atau suatu perusahaan secara mandiri. Terdapat dua struktur data primer yaitu exploration research dan spesific research.
- Data Sekunder, merupakan data yang didapatkan dari pihak ketiga. Data tersebut dapat berupa informasi populasi dari riset pemerintah, informasi perkembangan pasar global dari perusahaan pemasaran, dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar