Digital Marketing Tangerang - Karakteristik KPI dalam meningkatkan setiap kinerja perusahaan

 Digital Marketing TangerangSetiap perusahaan yang ingin mengetahui performa dan kinerja karyawan, wajib melakukan penilaian, Hal ini dilakukan demi mendongkrak kinerja perusahaan ke arah lebih baik lagi. penilaian ini biasa di sebut KPI atau key performance indicator yang mana digunakan sebagai acuan dalam mengukur setiap kinerja karyawan dan perusahaan secara jelas dan berkala. lalu, apakah peran KPI cukup penting dalam sebuah perusahaan ? untuk menjawab pertanyaan itu, berikut penjelasaanya secara detail tentang pengertian, manfaat dan hal - hal terakait KPI

Digital Marketing Tangerang 
pengertian dan tujuan dari key performance indicator

Secara singkat pengertian KPI adalah indikator atau acuan setiap perusahaan dalam mengukur kinerja para personelnya. tjuan tentu mengetahui seperti apa kinerja perusahaan dan elemen penting didalamnya. dengan adanya KPI, perusahaan juga dapat menentukan, merencanakan, dan memutuskan seperti apa strategi serta langkah yang di ambil perusahaan ke depaannhya.

Indikator yang di gunakan setiap perusahaan pastinya berbeda - beda, namun tetap pada tujuan yang sama yaitu mengetahui level kinerja sudah di tahap apa. Setiap perusahaan harus memperhatikan 3 hal penting dalam menentukan KPI untuk digunakan di perusahaan terkait. berikut 3 hal yang dapat diterapkan :

·         Target, di gunakan sebagai tujuan utama dari penentuan indiaktor yang sesuai dengan perusahaan,

·         Leading indicator, digunakan untuk mengetahui gambaran dan kemungkinan hasil ke depannya.

·         Lagging indicator, digunakan untuk mengetahui progres atau berjalan target.

Tiga hal ini bisa dicontohkan dengan beberapa contoh seperti seseorang yang ingin menurunkan dan mengetahui berat badannya, bisa menggunakan timbangan dan melihat hasil berupa angka yang ditunjukan. Hasil timbangan ini disebut lagging indicator.

Sementara leading indicator pada contoh tadi adalah komponen-komponen pendukung yang harus diperhatikan seseorang dalam mencapai penurunan berat badan sebagai target. Seperti contoh jumlah kalori yang dibutuhkan, pengurangan kalori, dan indikator lainnya.

Karakteristik KPI yang sesuai

dalam menentukan KPI yang sesuai dan tepat dengan situasi perusahaan, beberapa karakteristiknya perlu diperhatikan. hal ini dilakukan agar pengguna KPI bias seefketif mungkin diterapkan, berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa karakteristik yang harus diperhatikan sebuah KPI :

·         Peningkatan pencapaian sesuai target dapat dilakukan dengan pembuktian secara objektif.

·         Hal-hal esensial yang dapat memberikan informasi penting ketika akan membuat keputusan, harus diukur secara baik dan benar.

·         Menggunakan data pembanding untuk mengetahui setiap progres dan perubahan yang tengah berjalan.

·         Mampu mengukur efektivitas, kualitas, efisiensi, ketepatan waktu, pengaturan, perilaku, kepatuhan, kinerja proyek, kinerja anggota, ekonomi, serta pemanfaatan sumber daya.

·         Mampu menggunakan leading dan lagging indicator secara seimbang dalam mencapai target. - Digital Marketing Tangerang 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Digital Marketing Kalimantan - Begini Pemasaran Internet

Langkah Social Media Marketing di Indonesia

Digital Agency Depok - Tips Reputation Management Di Dunia Digital