Digital Marketing Tangerang – Bagaimana Beriklan di Instagram Ads?
Digital Marketing Tangerang – Jika target audience
Anda banyak yang menggunakan Instagram, tentu beriklan di Instagram Ads
merupakan suatu kewajiban. Tugas Anda sebagai pemilik bisnis adalah menjangkau
calon konsumen Anda di tempat-tempat yang sering mereka kunjungi di dunia maya.
Instagram adalah salah satunya.
![]() |
Digital Marketing Tangerang |
Mengapa
Harus Beriklan di Instagram Ads?
Digital Marekting
Tangerang menginformasikan penggunaan Instagram di Indonesia merupakan yang
terbanyak keempat di dunia. Per November 2018, jumlah pengguna Instagram
Indonesia mencapai 60 juta pengguna. Pengguna terbanyak berasal dari kalangan
usia 18 sampai 34 tahun dan pria mendominasi pengguna Instagram sebanyak 50.5
persen. Tech In Asia juga melaporkan bahwa 45 persen pengguna Indonesia mengaku
sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Sangat bermanfaat sekali
untuk perkembangan bisnis Anda jika anda mengetahui cara menggunakan Instagram
Ads.
Apa
itu Instagram Ads?
Instagram Ads adalah
platform iklan di media sosial Instagram. Anda bisa membuat iklan di feed
Instagram dan Instagram Stories melalui platform ini. Jika sudah familiar
dengan pembuatan iklan di Facebook Ads, membuat iklan di Instagram tidak akan
sulit bagi Anda. Sebab sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012,
platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager. Jadi
langkah-langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan cara membuat
Facebook Ads.
Tips Beriklan di
Instagram Ads oleh Digital Marketing Tangerang :
Maksimalkan
Instagram Stories
Instagram Stories
adalah fitur dari Instagram untuk menampilkan postingan foto atau video yang
hanya berlaku selama 24 jam saja. Setelah 24 jam berakhir, postingan tersebut
akan terhapus secara otomatis. Menariknya adalah 52 persen pengguna Instagram
mengaku lebih tertarik pada merek-merek yang mereka lihat di Instagram Stories.
Meskipun durasi
Instagram Stories relatif lebih pendek, fitur tersebut bisa menjadi sumber
trafik Anda. Apalagi pengguna cenderung lebih mudah melihat Instagram Stories
karena cara kerja Instagram Stories yang otomatis menampilkan stories secara
beruntun. Dan iklan Anda bisa muncul di antara stories-stories tersebut.
Visual
adalah Kunci
Instagram adalah media
sosial yang menitikberatkan kontennya pada visual. Sebab konten utama Instagram
adalah foto dan video. Berbeda dengan media sosial lain yang memungkinkan Anda
untuk memposting tulisan saja. Instagram mengharuskan Anda mengunggah foto atau
video di setiap postingan. Hal ini menuntut Anda untuk menampilkan iklan dengan
visual yang menarik.
Buat
Iklan yang Natural
Membuat konten dengan
visual yang menarik adalah satu hal. Hal lain yang penting adalah Anda harus
bisa membuat iklan tersebut natural di mata target audience Anda. Lakukan riset
mengenai target audience Anda, cari tahu konten seperti apa yang biasa mereka
lihat di Instagram dan konten seperti apa yang mereka sukai. Setelah memahami
minat dan kebiasaan target audience, Anda bisa dengan mudah membuat konten yang
seolah-olah bukan iklan ketika mereka melihatnya.
Ukuran
Gambar Instagram Ads
Seperti yang sudah saya
sebutkan sebelumnya, setiap format iklan di Instagram Ads membutuhkan gambar
yang berbeda-beda ukurannya. Berikut ukuran gambar yang sesuai untuk
masing-masing format iklan:
Single Image
(Gambar Tunggal)
Ukuran Gambar:
1,200 x 628 pixels
Ukuran Facebook
and Instagram Stories: 1,080 x 1,920 pixels
Rasio Gambar:
9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)
Carousel
(Karosel)
Ukuran Gambar: 1,080
x 1,080 pixels (30MB max)
Rasio Gambar:
1:1 (persegi)
Slideshow
(Tayangan Slide)
Ukuran Gambar:
1,280 x 720 pixels
Rasio Gambar:
16:9, 1:1, or 2:3
Format Video:
.mov or .mp4 file types
Single Video
(Video Tunggal)
Format Video :
.mp4, .mov, and .gif adalah yang paling ideal
Aspek Rasio: 9:16 to
16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)
Resolusi: minimal 600
pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio
yang Anda pilih)
Ukuran File: maksimal
4GB
Durasi Video (Instagram)
: 1 sampai 60 detik
Panjang Video untuk
Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik
Biaya
Iklan di Instagram Ads
Sama hal nya dengan
Facebook Ads, biaya untuk beriklan di Instagram Ads juga terjangkau yaitu
sekitar Rp 25.000 untuk beriklan di Instagram Ads selama satu hari. Semakin
banyak dana yang Anda alokasikan, semakin banyak pula jumlah orang yang dapat
Anda jangkau.
Anda juga bisa
menganggarkan dana iklan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya saja Anda
menganggarkan dana sebesar Rp 500.000 untuk beriklan selama satu minggu. Untuk
metode pembayarannya bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit.
Menguasai cara beriklan
di Instagram sudah menjadi keharusan bagi sebagian besar pemilik bisnis karena
aktifnya pengguna di media sosial tersebut. Banyaknya influencer dan figur
publik yang aktif menggunakan Instagram menjadikan media sosial ini semakin
ramai.
Sebagai pemilik bisnis,
Anda tentunya tidak bisa mengabaikan keramaian tersebut. Terutama bagi para
pemilik bisnis yang konsumennya berasal dari kalangan umur 18 sampai 34 tahun,
Instagram adalah ladang untuk mendulang keuntungan.
Cara membuat Instagram
Ads adalah langkah awal untuk menjangkau konsumen Anda. Subscribe blog
Niagahoster untuk mendapatkan tips-tips marketing online dan bisnis online
terbaru. Selamat beriklan di Instagram Ads!
Komentar
Posting Komentar