Digital Agency Tangerang - Tren Baru Strategi Pemasaran Tahun 2020 yang Bisa Diterapkan Sekarang
Digital Agency Tangerang - akan ada banyak
strategi baru yang terus berevolusi di tahun-tahun mendatang. Bisa jadi,
strategi yang sekarang berjalan dengan baik, di tahun depan tidak efektif lagi
untuk diterapkan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui perkembangan terbaru
strategi pemasaran untuk beberapa tahun ke depan.
Berikut adalah daftar
strategi pemasaran yang diprediksi akan menjadi tren di 2020 :
![]() |
Digital Agency Tangerang |
1. Artificial
Intelligence
AI dapat menganalisis
perilaku konsumen dengan lebih baik, dari mulai kebiasaan, pola pencarian,
hingga memanfaatkan data penggunaan sosial media. Pada akhirnya, AI dapat
membantu bisnis Anda untuk memahami bagaimana pola perilaku konsumen saat
melakukan pencarian terkait produk yang mereka inginkan.
Selain itu, teknologi
AI juga dapat mengurangi keterlibatan manusia, seperti misalnya fungsi live
chat pada suatu website. Dengan AI, Anda tidak perlu lagi menggunakan tenaga
manusia untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen.
Berdasarkan riset
Gartner, 25% customer service akan menggunakan robot chat AI di tahun 2020.
Angka ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan jika dibandingkan tahun
2017 yang hanya 2% saja.
Menurut Single Grain,
di tahun 2020 80% pelaku bisnis telah menggunakan ataupun berencana menggunakan
robot chat. Single Grain juga menyebut bahwa ada sekitar 1,4 miliar orang
berinteraksi dengan robot chat pada tahun tersebut. Digital Agency Tangerang
2. Programmatic
Advertising
Programmatic
advertising juga masih berkaitan erat dengan AI – yang berperan sebagai
teknologi yang mampu melakukan pembelian iklan secara otomatis berdasarkan
kategori ataupun target pasar yang sudah terprogram sebelumnya. Sederhananya,
AI tersebut akan membeli space iklan secara otomatis ketika ada konsumen yang
memenuhi kriteria.
Contoh, Anda sedang
berencana untuk membeli mobil, jika dalam satu minggu terakhir Anda sering
melakukan pencarian Google seputar mobil, maka AI tersebut mampu untuk
menafsirkan keinginan Anda. Jadi, misalnya Anda sedang melihat Instagram Story,
di sela-sela story Anda akan melihat iklan tentang mobil ataupun website yang
menjual mobil. Seperti itulah programmatic advertising bekerja.
Sistem otomatis ini
sangat efisien dan lebih cepat, yang artinya Anda juga akan mendapatkan
konversi yang lebih besar. Dengan kelebihannya itulah, programmatic ads
diprediksi akan menjadi tren baru pada tahun-tahun mendatang. Bahkan, menurut Marketer, hampir 90% digital marketing di U.S. akan menggunakan sistem ini
pada tahun 2020.
Video marketing
terbukti masih sangat efektif untuk tahun-tahun yang akan datang. Perhatikan
data berikut:
70% konsumen mengatakan
bahwa mereka membagikan video suatu brand secara sukarela (Wyzowl)
72% pelaku bisnis
mengatakan bahwa video meningkatkan konversi (Wyzowl)
52% konsumen mengatakan
bahwa menonton video suatu brand membuat mereka lebih yakin untuk melakukan
pembelian online (Invodo)
Beberapa tren di tahun
2020 adalah live video, jangan hanya berpikir tentang YouTube, ada banyak
platform yang bisa Anda gunakan seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau
bahkan LinkedIn. Live video banyak digunakan oleh pelaku bisnis ketika
melakukan wawancara, demo produk, behind the scenes dari suatu acara,
keseharian di kantor, bagaimana produk dibuat, dan sebagainya.
Video dengan format 360
derajat juga diprediksi akan semakin populer, video 360 dinilai dapat
memberikan kesan yang lebih interaktif – yang memungkinkan audiens dapat
melihat di sekitar lokasi.
Demikian pembahasan
mengenai tren baru strategi pemasaran di tahun 2020 yang bisa Anda terapkan
mulai dari sekarang. Selain mengikuti tren pemasaran, Anda juga tidak boleh
mengabaikan faktor lain yang tak kalah penting, seperti misalnya tren
penggunaan payment gateway di website bisnis Anda.
Komentar
Posting Komentar