Digital Agency Tangerang – 5 Tren Digital Marketing Saat ini
Digital AgencyTangerang – Digital marketing
menjadi salah satu teknik pemasaran yang paling diminati sejak beberapa tahun
belakangan. Kemunculannya tidaklah terlepas dari keberadaan internet yang juga
tumbuh pesat di era modern ini. Setiap tahunnya, tren digital marketing baik
skala nasional maupun global mengalami perubahan dan perkembangan. Lalu,
bagaimana tren digital marketing di tahun 2020 ini?
·
Penggunaan kecerdasan buatan atau
Artificial Intelligence
Kecerdasan buatan atau
Artificial Intelligence (AI) menjadi buah bibir di kalangan perusahaan besar
terutama dalam bidang pengembangan teknologi. Keberadaan AI diprediksi akan
sangat membantu kegiatan pemasaran khususnya dalam digital marketing karena
memiliki berbagai kelebihan. Beberapa di antaranya adalah mengolah data dalam
jumlah besar, dan memberikan respon yang sangat cepat serta menciptakan tren
pasar baru.
Inilah yang menjadi
pertimbangan utama perusahaan besar dunia untuk menggunakannya selain bisa
menghemat pengeluaran perusahaan. Contohnya saja berdasarkan data dari
Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Online Survey sebanyak 57
persen perusahaan menggunakan AI untuk meningkatkan pelayanan dan pengalaman
konsumen. Alhasil, AI mampu meningkatkan pelayanan konsumen dan penjualan
produk hingga 44 persen.
·
Aplikasi Chatbot untuk lebih dekat
dengan konsumen
Beberapa tahun
belakangan popularitas chatbot semakin meningkat dan akan mengalami lonjakan di
tahun ini. Hal ini dikarenakan chatbot memiliki banyak keunggulan dan salah
satunya adalah mampu menanggapi pertanyaan dasar dari pelanggan secara cepat
dan memuaskan. Chatbot dalam pengembangannya kelak tidak hanya mampu melayani
pertanyaan konsumen secara cepat, namun bisa melakukan layanan transaksi yang
semakin komplek.
Kelebihan dari chatbot
di antaranya mampu menjawab segala bentuk pertanyaan, masukan dan keluhan
konsumen selama 7 hari 24 jam nonstop. Bandingkan bila menggunakan customer
service konvensional, hal ini akan sulit terjadi. Selain itu dari segi
pengeluaran, dapat menekan biaya bagi perusahaan ketimbang harus membayar
customer service. Sementara dari sisi kepuasan pelanggan, tentu mereka akan
lebih puas dengan pelayanan yang cepat dan nyaman.
·
Omnichannel Marketing
Strategi marketing
omnichannel bisa diartikan sebagai model bisnis lintas channel yang umumnya
digunakan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi para konsumen di
suatu perusahaan, baik secara online maupun offline. Misalnya, terdapat
konsumen memposting barang belanja di sebuah website di pagi hari, lalu dia
melakukan transaksi pembelanjaan di siang hari saat istirahat dan mengambil
barang tersebut di toko di sore hari.
Keunggulan dari
penerapan strategi ini terlebih dalam ranah digital marketing adalah baik
pemasaran maupun penjualan terintegrasi tanpa terputus. Penelitian yang dirilis
oleh Invesp menyebutkan jika perusahaan yang menggunakan strategi ini mampu
meningkatkan engagement kepada konsumen sebesar 89 persen. Jadi, tidak ada
salahnya mencoba menerapkannya di brand kamu.
Accelerated Mobile
Pages (AMP) merupakan open source yang dapat memformat halaman web statis
sehingga bisa memuat artikel dengan sangat cepat di sebuah perangkat mobile.
AMP ini sudah banyak digunakan oleh lebih dari 200 penerbit konten. Termasuk
dalam hal ini adalah WordPress, Google, LinkedIn, Medium, dan Twitter.
Penggunaan AMP sangat
berguna untuk pengembangan website perusahaan terutama untuk engagement
konsumen. Dengan menggunakan AMP halaman yang dimuat hanyalah membutuhkan waktu
kurang dari 0.5 detik saja. Sehingga konsumen lebih cepat memperoleh informasi
mengenai produk yang mereka cari di dalam website perusahaan.
·
Marketing Automation
Marketing automation
merupakan teknik otomatisasi dalam bidang digital marketing dengan menggunakan
software marketing. Dalam sebuah departemen pemasaran, terkadang ada beberapa
hal yang harus dilakukan berkali-kali seperti mengirimkan email, media sosial, dan
nomor telepon kepada pelanggan. Bila ini dilakukan dengan cara manual, jelas
membutuhkan tenaga dan waktu yang cukup lama.
Maka dari itu
keberadaan strategi marketing automation mampu membuat tugas tersebut menjadi
makin mudah. Manfaat dari penggunaan marketing automation ini adalah untuk
segmentasi konsumen. Misalnya saja untuk menentukan kriteria pelanggan
berdasarkan latar belakang mereka untuk memudahkan dalam menawarkan produk
berdasarkan segmen yang tepat.
Berikut pemabahasan
artikel kali ini oleh Digital AgencyTangerang semoga dapat bermanfaat bagi
anda.
Komentar
Posting Komentar