Digital Agency Gading Serpong - Sosial Media Twitter menjadi Sarang Portal Media Online
Digital Agency Gading Serpong - Twitter memilih fokus
untuk menyuguhkan konten dengan sifat live dan breaking bagi penggunanya.
Bahkan Twitter mengubah kategori dirinya pada layanan toko aplikasi mobile
menjadi aplikasi berita.
Hal ini didukung pula
dengan keadaan sesungguhnya dalam jejaring sosial twitter ini. Terdapat cukup
banyak perusahaan media, baik media penyiaran, media cetak, maupun media
berbasis online sekalipun memiliki akun Twitter.
Digital Agency Gading Serpong |
Pada jejaring sosial
Twitter, pemilik media dengan akun Twitter memanfaatkan media ini untuk
menyampaikan program-program dan konten yang mereka miliki dengan ketentuan
penggunaan Twitter, meliputi kuota jumlah karakter, penggunaan simbol tagar,
dan lain sebagainya. Beberapa dari pemilik media ini juga memberi tautan yang
menghubungan sebuah tweet dengan laman situs milik mereka, ataupun platform
lain yang pemilik media miliki.
Tidak sampai di situ,
jejaring sosial Twitter terus meng-update layanannya agar semakin mumpuni untuk
memfasilitasi kepentingan para pemilik media ini dalam menyampaikan informasi
yang ditujukan untuk khalayak. Dilansir dari situs liputan6.com, Twitter
melakukan pembaruan pada kuota jumlah karakter dan pengaturan lini masa.
Twitter yang dikenal
dengan batasan jumlah karakter yaitu sejumlah 140, yang mendorong penggunanya
untuk dapat berpikir kreatif dalam 'berkicau' (mengunggah sebuah tweet). Namun,
hal ini didapati sulit dilakukan untuk bahasa tertentu yang mana 140 karakter
membuat kicauan kurang tersampaikan dengan maksimal. Maka, sekarang Twitter
hadir dengan kuota sejumlah 280 karakter guna mendukung penyampaian yang
maksimal dari pengguna jejaring sosial ini.
Tahun 2016, Twitter
mengubah model algoritma untuk lini masanya. Tidak lagi menampilkan sesuai
unggahan terbaru, Twitter menyesuaikan unggahan yang ditampilkan dengan
preferensi penggunanya. Namun, untuk pengguna yang ingin lini masa berdasarkan
waktu mengunggah, maka pengguna dapat mengubah pengaturan tersebut secara
manual.
Berdasarkan fakta-fakta
yang Penulis paparkan di atas, berikut pendapat Penulis mengenai Twitter
sebagai sarang portal berita. Mengapa Twitter? Digital Agency Gading Serpong
1. Twitter berfokus
pada teks, live streaming, dan breaking Hal ini mungkin menjadi faktor terbesar
portal berita memiliki kemauan untuk menayangkan program, dan konten mereka
pada jejaring sosial ini. Sifat yang Twitter nyatakan sendiri pada CNN
Indonesia, membedakan Twitter dengan jejaring sosial lainnya yang lebih
berfokus pada kategori hiburan, yang kemudian membuat Twitter menjadi jejaring
sosial yang paling click! untuk menayangkan berita.
2. Pengguna Twitter
yang Spesifik
Dengan sifat Twitter
yang ia nyatakan secara spesifik, secara tidak langsung ikut berpartisipasi
dalam pemetaan pengguna jejaring sosial. Jejaring sosial lainnya tentu memiliki
pengguna yang banyak, namun dengan sifat yang cenderung mengarah pada sifat
platform terkait. Mis : Instagram dengan pengguna yang suka fotografi dan
hiburan.
Dengan pengguna yang
banyak, namun tidak sesuai dengan sifat dari berita sendiri, tentu berita
tersebut akan menjadi kenyataan dari peribahasa "bagaikan emas di tengah
kawanan hewan." Meski berkualitas, khalayaknya tidak tertarik. Twitter
yang membedakan dirinya, otomatis digunakan oleh khalayak dengan sifat serupa,
maka pemilik media memanfaatkan hal tersebut.
3. Twitter menjadi
Sarana Low Budget dalam Memperkenalkan Media medis
Berbeda dengan platform
situs web yang butuh biaya maintanance, Twitter adalah jejaring sosial yang
dapat digunakan secara gratis. Dengan menggunakan media sosial ataupun jejaring
sosial, perusahaan media seperti mempopulerkan diri mereka di tengah khalayak
tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Bahkan jejaring sosial Twitter dengan
layanan yang dimilikinya dapat mendukung platform lain milik pemilik media
untuk dikunjungi melalui tautan yang dapat diunggah dalam tweet, bahkan pada
deskripsi profil.
Kesimpulannya adalah
pemilik media dapat memanfaatkan produk teknologi guna mengekspansi jangkauan
khalayak. Asalkan media yang digunakan sesuai dengan sifat produk informasi
yang disampaikan. Digital Agency Gading Serpong
Komentar
Posting Komentar