Digital Marketing Tangerang - Memanfaatkan Hashtag Media Sosial untuk Mencapai Audiens
Digital Marketing Tangerang - Melihat semakin
berkembangnya media sosial saat ini, tentu para marketers sudah tidak asing
lagi dengan yang namanya hashtags atau tagar. Dan ternyata, kalau dapat
memanfaatkan hashtag secara strategis, hal ini akan membantu kita dalam
mengembangkan bisnis yang dijalankan.
Karena itu, kita perlu
mengetahui bagaimana cara untuk mengimplementasikannya sehingga dapat
memberikan keuntungan, seperti, memperluas jangkauan reach, memperkuat konten
yang ditayangkan, mencapai target pasar, serta meningkatkan ranking pada mesin
pencarian Google.
Riset sebelum
menentukan hashtag yang digunakan
Dalam artikel-artikel
sebelumnya, kerap kali diungkapkan betapa pentingnya melakukan riset sebelum
menjalankan sebuah campaign, begitu pula dengan riset dalam menentukan hashtags
dalam strategi pemasaran pada setiap channel media sosial.
Dengan melakukan riset,
akan membuat kita menjadi tahu seperti apa volume dan frekuensi dari beragam
posting yang berhubungan dengan hashtags yang sudah dipilih. Selain itu, kita
bisa mencari tahu hashtag apa yang biasa menjadi trending namun masih memiliki
benang merah dengan pesan brand yang ingin kita sampaikan. - Digital Marketing Tangerang
Dan salah satu cara
mudah untuk mengetahui hashtags yang mungkin kena sasaran, bisa dicari dari
mempelajari hashtag-hashtag seperti apa yang biasa digunakan khalayak dan
menarik minat target audiens untuk mau terlibat di dalam pembicaraannya. Atau
kita juga bisa melakukannya dengan melakukan social media listening.
Hashtag brand dan
campaign dalam setiap channel media sosial
Ketika menentukan
sebuah brand hashtags, kita bisa menggunakan nama atau tagline brand agar
audiens lebih cepat familier. Atau cara lain yang bisa kita lakukan yaitu
dengan menggunakan kata-kata yang singkat namun unik, sehingga nantinya mudah
diingat dan juga dapat mengundang masyarakat untuk mau menggunakan hashtag
tersebut lewat konten pribadi mereka, dan hal ini akan membuat kita mendapatkan
konten baru secara gratis melalui hashtags tersebut.
Selain itu, kita perlu
menggunakan brand hashtags ini secara konsisten pada setiap channel media
sosial yang dijalankan agar membuat audiens lebih cepat menangkap pesan yang
ingin kita sampaikan.
Bukan hanya brand
hashtags, tentunya kita juga membutuhkan campaign hashtags, yakni ketika sedang
menjalani suatu kampanye. Salah satu fungsi dari menggunakan campaign hashtags
ini yaitu untuk mendorong promosi atau kontes yang sedang kita jalankan, di
mana hal ini akan sangat membantu peningkatan awareness dan engagement dari
konten yang bersangkutan. Sama seperti brand hashtags, campaign hashtags ini
perlu dibuat secara singkat dan unik agar mudah diingat audiens.
Satu hal yang dapat
kita lakukan agar hashtag ini dapat berjalan maksimal adalah dengan terus
memantau perkembangan volume dan peningkatan hashtag di media sosial khalayak,
tentunya agar dapat segera mengetahui respon dari masyarakat terhadap hashtag
terkait, dan jika dirasa kurang berhasil, dapat segera dicoba menaikkan hashtag
lainnya. - Digital Marketing Tangerang
Trending Hashtags
Kita bisa memanfaatkan
trending hashtags supaya brand bisa ikut dalam pembicaraan menarik di tengah
masyarakat. Namun kita tetap tidak bisa sembarangan mengikuti semua trending
hashtags, tetapi harus memilih hashtags mana saja yang masih berhubungan dengan
brand kita. Tujuannya, agar konten yang disajikan tidak dianggap spam oleh
audiens dan tidak mengurangi kepercayaan mereka terhadap brand.
Menggunakan trending
hashtags juga akan meningkatkan potensi kalau pesan brand kita dapat dilihat
masyarakat luas, dan memberikan sedikit ketenaran dalam jangka waktu tertentu.
Ini tentunya bisa memberikan keuntungan, terutama dalam hal menaikkan awareness
dan engagement terhadap brand kita. Fungsi lain dari memanfaatkan trending
hashtags ini yakni untuk terhubung dengan audiens baru serta meningkatkan
hubungan baik dengan pelanggan lama.
Content hashtags
Content hashtags
biasanya bersifat umum, hanya berhubungan dengan konten yang ditayangkan dan
tidak perlu spesifik mengandung pesan bisnis atau pemasaran dari brand. Karena
fungsi utama dari content hashtags ini adalah untuk meningkatkan SEO dan agar
para audiens terus mendapatkan update dari brand kita.
Beberapa kategori umum
yang biasa digunakan untuk memperkuat hashtag ini antara lain, product
hashtags, lifestyle hashtags, event hashtags, dan location hashtags.
Product hashtags
Biasanya masyarakat
sering mencari dan menggunakan hashtag produk yang umum. Dan kita bisa
menggunakan hashtags ini pula untuk mendapatkan perhatian audiens. Salah satu
cara terbaik untuk mem-posting dengan hashtags produk adalah dengan
memposisikan diri sebagai pelanggan, sehingga bisa memudahkan kita untuk
menemukan hubungan antara produk dengan target audiens.
Lifestyle hashtags
Cara untuk bisa
memasarkan produk kita kepada masyarakat dengan menggunakan lifestyle hashtags
adalah dengan mencari tahu demografi gaya hidup para calon konsumen. Setelah
menemukan demografi itu, kita bisa menenetukan lifestyle yang paling dekat
dengan brand kita, menjadikannya hashtags dan menyertakannya pada beberapa konten,
sehingga hal ini dapat membuat kita semakin cepat terhubung dengan para
audiens. Baca juga disini
Event hashtags
Hashtags berbasis event
akan dapat menarik perhatian audiens jika kita masukkan di dalam update konten
pada media sosial. Banyak pula event yang bisa disertakan untuk konten media
sosial brand kita. Mulai dari acara yang diselenggarakan komunitas lokal sampai
ke perayaan besar mendunia seperti Hari Bumi, Hari Ibu dan lain-lain. Atau kita
juga bisa menggunakan hashtags event ini untuk acara yang diselenggarakan oleh
brand kita sendiri seperti product launch atau live webinar.
Location Hashtags
Jika bisnis kita
bergerak pada komunitas lokal, cara untuk memancing antusiasme para pelanggan
adalah dengan menggunakan hashtag lokasi yang spesifik agar semakin banyak masyarakat
di sekitar bisnis kita itu mengenal brand terkait. Misalnya seperti hashtags
#Jakarta, #Bintaro, #Cibinong atau lokasi lainnya. Dan kedekatan itu yang
nantinya akan membuat orang lain menjadi tertarik dengan produk atau jasa yang
kita tawarkan. - Digital Marketing Tangerang
Komentar
Posting Komentar