Digital Marketing Tangerang - Manajemen Pemasaran di Era Global atau Marketing Management in the Global Era
Digital Marketing Tangerang memaparkan tentang manajemen pemasaran di era global
Tahapan
revolusi industri
1. Era mekanis
2. Era elektronik
3. Era otomatisas
4 Era Digital
Era
digitaliasasi
1. menghitung dan
mendokumentasikan untuk pengambilan keputusan
2. teknologi terhubung
menjadi media sosialisasi
3. teknologi memberikan
ruang bagi publik untuk berpartisipasi
penggunaan internet di
indonesia
bedasarkan internet
world stats pada internet users in the tiop 20 countries per 31 maret 2017, indonesia merupakan peringkat
ke - 4 sebagai pengguna internet terbesar.
data statistik pengguna
internet indonesia dari APJII 2016, perkembangan internet di indonesia dengan
jumlah penduduk mencapai sekitar 255 juta, memiliki jumlah pengguna internet
mencapai 132,7 juta user sekitar 51,8 % dari total penduduk indonesia
![]() |
Digital Marketing Tangerang |
Data
bisnis online
• Survey APJII
(Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016, bahwa internet
yang di gunakan di Indonesia lebih banyak dipergunakan dalam hal bisnis online
melalui online shop sebesar 82,2 juta orang atau 62%.
• Konten media sosial
yang sering di kunjungi sebesar 71,6 juta atau 54% adalah Facebook disusul
dengan Instagram 19,9 juta orang atau 15%
• Berdasarkan hasil
survey yang dilakukan APJII 2016 dapat dilihat bahwa pengguna internet di
Indonesia terbesar adalah dengan rentang umur 25-29 tahun dan 35-39 tahun
• Interval umur
tersebut adalah rentang yang tergolong anak muda atau bisa dikatakan masuk pada
generasi Milineal atau generasi Y.
Pengaruh
Generasi Milineal
• Dari segi ekonomi,
menurut survei Nielsen, Generasi Z sudah memengaruhi perputaran ekonomi dunia
sebagai 62 persen konsumen pembeli produk elektronik. Ini dipengaruhi oleh
kehidupan mereka yang sudah serba terkoneksi dengan internet
Karakteristik
Milenial
• Karakteristik
Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi.
• Peningkatan
penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital.
Dengan karakteristik tersebut tentu sebagai mayoritas pengguna internet, mereka
juga menggunakan online shop sebagai trend pemenuhan kebutuhan mereka.
Tiga Karakter Unggul
Milineal
1. Out of the box
2. Confidence
3. Connected
Pemasaran
• Pemasaran adalah
suatu proses sosial yang di dalamnya terdapat individu dan kelompok yang
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain (Kotler, 2004).
• Dalam konteks bisnis,
pemasaran mencakup menciptakan hubungan pertukaran muatan nilai dengan
pelanggan yang menguntungkan. Karena itu, pemasaran sering disebut dengan
proses yang dilakukan perusahaan dalam menciptakan nilai bagi pelanggan dan
membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari
pelanggan sebagai imbalanya.
Pemasaran
Online
• pemasaran online
adalah proses menjual produk atau jasa menggunakan media internet atau
jaringan, artinya kegiatan pemasaran dilakukan secara elektronik lewat internet
atau jaringan cyber.
• Seni pemasaran online
melibatkan proses menemukan strategi pemasaran yang tepat bagi target pasar
tertentu sehingga memungkinkan untuk terjadinya transaksi.
• Pemasaran online
berkaitan dengan proses penelitian dan analisa terharap strategi pemasaran
online yang dipilih sekaligus pengukuran tingkat kesuksesan dari strategi
tersebut.
• Online advertising
adalah bentuk pemasaran dan periklanan yang dalam penyampaian pesan promosinya
menggunakan media internet. Termasuk di dalamnya adalah pemasaran melalui surat
elektronik (email marketing), pemasaran melalui mesin pencari (search engine
marketing), pemasaran melalui media sosial (social media marketing), beberapa
jenis display advertising termasuk periklanan banner website (web banner advertising),
dan mobile advertising.
Manfaat
Pemasaran Online
1. Memberikan kemudahan
2. Mendapatkan
informasi
3. Menghindari
penawaran product yang berlebihan. Baca Juga disini
Manfaat
lain Marketing Online
• Alat untuk pembangun
hubungan pelanggan yang membuat perusahaan dan pelanggannya lebih akrab.
• Dapat mengurangi
biaya dan meningkatkan efisiensi. Pemasar online menghindari pengeluaran untuk
perawatan alat-alat toko, sewa toko, listrik dan asuransi toko.
• Pemasaran online juga
menawarkan keluwesan yang lebih baik, yang membuat pemasar dapat membuat
penyesuaian yang berkelanjutan pada tawar dan programnya.
• Pemasar dapat
melakukan pemasaran online dengan empat cara, yaitu dengan menciptakan etalase
toko elektronik, memasang iklan online, berperan serta dalam forum internet,
kelompok berita, atau komunitas web, atau menggunakan e-mail online atau
webcasting. - Digital Marketing Tangerang
Komentar
Posting Komentar