Digital Marketing Tangerang - KPIS PEMASARAN DIGITAL CARA MEMILIH DAN JALUR
Anda mungkin sudah tahu
bahwa KPI pemasaran digital (Indikator Kinerja Utama) adalah bagian penting
dari pengukuran kinerja melalui strategi pemasaran digital Anda. Tetapi dengan
begitu banyak pilihan untuk dipilih, dan dengan begitu banyak bisnis yang
mengalami transformasi digital, bagaimana Anda tahu harus mulai dari mana atau
bagaimana harus bergeser jika Anda perlu mencoba sesuatu yang baru? Baca terus
untuk ikhtisar tentang apa KPI itu dan bagaimana menggunakannya di dunia
pemasaran digital saat ini. - Digital Marketing Tangerang
![]() |
Digital Marketing Tangerang |
Apa
itu KPI? Digital Marketing Tangerang
Istilah KPI benar-benar
hanya mengacu pada metrik spesifik yang Anda gunakan sebagai garis dasar untuk
mengukur kinerja. Mereka dapat dirujuk dalam konteks digital atau non-digital
dan biasanya angka yang dapat merujuk ke area bisnis apa pun, termasuk struktur
keuangan, produktivitas, atau perilaku konsumen. KPI yang tepat akan
menginformasikan strategi masa depan Anda, jadi sebaiknya mulai menentukan apa
KPI terbaik untuk mengukur kinerja digital sejak awal. Anda harus menentukan
terlebih dahulu bidang bisnis atau target sasaran mana yang perlu Anda
prioritaskan untuk memilih indikator yang paling efektif dalam menginformasikan
strategi Anda.
Anda ingin mengambil
tindakan saat ini terlebih dahulu, kemudian melihat tujuan Anda, dan mencari cara
untuk mengisi celah itu.
Tetap jelas: Pastikan
Anda memilih tujuan yang jelas - ini tentang metrik, data, dan Anda harus
menggunakan angka objektif bukan angka subjektif yang Anda miliki sekarang
untuk menetapkan tujuan dan memperkirakan angka masa depan Anda. Sederhanakan:
Siapa pun di organisasi Anda harus dapat melihat dan memahami apa yang Anda
lakukan dengan metrik. Ini bukan matematika yang rumit - ini adalah bisnis
dasar dan analitik, jadi harus mudah untuk mengomunikasikan apa yang Anda
lakukan dengan anggota tim lainnya. Tetap berorientasi pada tindakan: Ada
banyak metrik yang beredar di mana Anda bisa fokus jika Anda mau - tetapi yang
paling penting biasanya terkait dengan tindakan tertentu, bukan hanya nilai.
Hitungan waktu tetap pada pelaporan yang ketat dan jadwal peninjauan sambil
menetapkan target jangka panjang yang berkelanjutan.
Memilih
KPI yang Tepat
Satu hal yang perlu
diingat dengan KPI adalah bahwa mereka tidak semua masalah, dan ini khususnya
kasus hari ini dengan metrik tradisional di dunia digital. Misalnya, tampilan
halaman dan tingkat pengunjung adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda
perhatikan, tetapi mereka tidak memberikan informasi apa pun tentang apa yang
sebenarnya terjadi di balik layar. Di sisi lain, melihat statistik lalu lintas
situs pada hari di mana Anda memiliki acara pemasaran tertentu, lalu
membandingkannya dengan konversi pada hari itu dengan hari lain, misalnya, akan
menjadi cara menerapkan angka-angka ini untuk secara langsung menginformasikan
strategi untuk kampanye Anda berikutnya.
Mulailah dengan hanya
beberapa metrik kunci yang Anda tahu merupakan indikator kuat kesehatan bisnis
Anda, kemudian cari tahu apakah Anda memiliki alat analitik untuk mengelola
metrik atau jika Anda harus menghitungnya sendiri. Pastikan bahwa Anda berfokus
pada pelanggan dan bisnis, bukan "lalu lintas" situs web per se.
Metrik
Kesombongan
KPI yang tidak terlalu
penting kadang-kadang disebut sebagai "metrik kesombongan." Ini
adalah angka yang mungkin ingin Anda ubah, tetapi mereka tidak benar-benar
memberi tahu Anda banyak tentang tindakan yang dapat Anda ambil untuk membuat
keputusan yang membantu Anda memenuhi tujuan bisnis Anda. Aturan umum adalah
tetap menggunakan metrik berbasis tindakan yang menceritakan kisah tentang
pengalaman pelanggan. Anda dapat memilihnya dengan memulai dengan beberapa
tujuan bisnis utama.
Mari kita ambil Google
Analytics misalnya. Beberapa metrik ini, seperti tampilan halaman dan tayangan,
dapat dianggap metrik kesombongan - kita semua menginginkan "lebih
banyak" dari itu, tetapi apakah mereka benar-benar memberi Anda cukup
informasi untuk mengambil tindakan apa adanya? Belum tentu. Konversi penjualan,
di sisi lain, memberi Anda alasan untuk bertindak: jika mereka rendah, kita
perlu melihat alasannya. Apakah fitur checkout di situs e-commerce kami
berfungsi dengan baik? Apakah ada sesuatu di situs web? Apakah daftar Amazon turun
peringkat? Dan seterusnya.
Tingkat
Konversi
Tentu saja, tingkat
konversi adalah kunci untuk membingkai aktivitas strategi penjualan calon
pelanggan masa depan Anda, dan Anda dapat menggunakannya sebagai bagian dari
metrik lain seperti rasio penjualan dan timah. Ada juga tingkat konversi yang
lebih spesifik untuk dilacak, seperti tingkat konversi kata kunci dan metrik
yang mengarah ke bagian-bagian berbeda dari generasi yang memimpin dan proses
saluran penjualan. Anda mungkin ingin menggunakan alat seperti Alexa atau
SERanking untuk memeriksa tingkat konversi pesaing Anda dan menghasilkan tolok
ukur internal secara longgar berdasarkan pada mereka.
Pendapatan
Semua orang tahu bahwa
indikator pendapatan adalah kunci, tetapi seperti yang dinyatakan di atas, Anda
perlu tahu tentang detail di balik pendapatan Anda agar itu menjadi informasi
yang berguna. Jadi, Anda ingin memiliki gagasan tentang hal-hal seperti panjang
berlangganan, nilai pesanan rata-rata, nilai seumur hidup, biaya perolehan
pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan sebagainya.
Pelanggan
Apakah sebagian besar
lalu lintas Anda dibayar atau organik? Apa situs sosial atau kegiatan pemasaran
yang tampaknya memiliki dampak paling besar pada generasi pemimpin? Pada titik
di corong penjualan apakah Anda memperhatikan angka yang berubah? Anda ingin
melihat apa yang pelanggan lakukan (atau tidak lakukan) dan kemudian menggali
celah itu untuk meningkatkan pengalaman mereka
Menetapkan
Target KPI
Beberapa pertanyaan
untuk dipertimbangkan saat Anda mencari tahu langkah-langkah apa yang harus
digunakan. Bagaimana ukuran terkait dengan tujuan bisnis tertentu? Pastikan
Anda memiliki satu ukuran untuk setiap sasaran.
·
Apa sebenarnya yang saya ukur?
·
Apa faktor lain yang terkait dengan
ukuran ini?
·
Seberapa sering perlu dilaporkan?
·
Siapa yang akan bertanggung jawab
menjalankan bagian dari kampanye yang mendukung pelaporan ini?
Semua yang Anda lakukan
di sini dengan KPI Anda mengukur kinerja jangka pendek dan jangka panjang Anda,
tetapi nilai angka-angka ini adalah apa yang mereka katakan kepada orang lain
tentang di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi - dengan kata lain,
Anda target dapat mengatakan banyak tentang sasaran dan strategi bisnis Anda
secara keseluruhan.
Memilih
KPI yang Tepat
Satu hal yang perlu
dipertimbangkan dengan KPI adalah mereka tidak perlu masalah, dan ini masalah
khusus hari ini dengan metrik tradisional di dunia digital. Misalnya, tampilan
halaman dan tingkat pengunjung adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda
pertimbangkan, tetapi mereka tidak memberikan informasi apa pun tentang apa
yang sebenarnya terjadi di balik layar. Di sisi lain, lihat statistik lalu
lintas situs pada hari di mana Anda memiliki acara pemasaran tertentu, lalu
membandingkannya dengan konversi pada hari itu dengan hari lain, misalnya, akan
menjadi cara mengonversi angka-angka untuk digunakan secara langsung strategi untuk
kampanye Anda berikutnya. Mulailah dengan hanya beberapa metrik kunci yang Anda
tahu merupakan indikator kuat kesehatan Anda, kemudian cari tahu apakah Anda
memiliki analitik untuk mengelola metrik atau jika Anda harus menghitungnya
sendiri. Pastikan bahwa Anda setuju pada pelanggan dan bisnis, bukan "lalu
lintas" situs web per se.
Metrik
Kesombongan
KPI yang tidak terlalu
penting kadang-kadang disebut sebagai "metrik kesombongan." Ini
adalah angka yang mungkin ingin Anda ubah, tetapi mereka tidak benar-benar
memberi tahu Anda banyak tentang tindakan yang dapat Anda ambil untuk membuat
keputusan yang membantu Anda memenuhi tujuan bisnis Anda. Aturan umum tetap
menggunakan metrik berdasarkan tindakan yang menceritakan kisah tentang
pengalaman pelanggan. Anda dapat memilihnya dengan memulai dengan beberapa
tujuan bisnis utama.
Mari kita ambil contoh
Google Analytics. Beberapa metrik ini, seperti tampilan halaman dan tayangan,
dapat dipertimbangkan metrik kesombongan - kita semua ingin "lebih banyak"
dari itu, tetapi apakah mereka benar-benar memberi Anda cukup informasi untuk
mengambil tindakan apa yang ada? Belum tentu. Konversi penjualan, di sisi lain,
memberi Anda alasan untuk bertindak: jika mereka rendah, kita perlu melihat
alasannya. Apakah fitur checkout di situs e-commerce kami bekerja dengan baik?
Apakah ada sesuatu di situs web? Apakah daftar Amazon turun peringkat? Dan
seterusnya.
Tingkat
Konversi
Tentu saja, tingkat
konversi adalah kunci untuk membingkai aktivitas penjualan calon pelanggan masa
depan Anda, dan Anda dapat menggunakan bagian dari metrik lain seperti rasio
penjualan dan timah. Ada juga tingkat konversi yang lebih spesifik untuk
dilacak, seperti tingkat konversi kata kunci dan metrik yang mengarah ke
bagian-bagian yang berbeda dari generasi yang memimpin dan proses saluran
penjualan. Anda mungkin ingin menggunakan alat seperti Alexa atau SERanking
untuk meningkatkan tingkat konversi Anda dan menghasilkan tolok mengukur
internal dengan membandingkan pada mereka.
Pendapatan
Semua orang tahu bahwa
pendapatan adalah kunci, tetapi seperti yang dinyatakan di atas, Anda perlu
tahu tentang detail di balik pendapatan Anda agar menjadi informasi yang
berguna. Jadi, Anda ingin memiliki tentang hal-hal seperti panjang kunjungan,
nilai pesanan rata-rata, nilai keberlangsungan hidup, biaya persetujuan
pelanggan, tingkat retensi pelanggan, dan sebagainya.
Pelanggan
Apakah sebagian besar
lalu lintas Anda dibayar atau organik? Apa situs sosial atau kegiatan promosi
yang memiliki kepentingan terbesar pada generasi pemimpin? Pada titik di corong
penjualan apakah Anda memperhatikan angka yang berubah? Anda ingin melihat apa
yang dilakukan pelanggan (atau tidak dilakukan) dan kemudian memperbaikinya
untuk meningkatkan pengalaman mereka. - Digital Marketing Tangerang
Komentar
Posting Komentar