Digital Marketing Tangerang - 5 Strategi Promosi Melalui Sosial Media yang Tepat dan Efektif
Digital Marketing Tangerang - Banyak yang berpikir
mempromosikan konten online itu sesederhana menerbitkan post dan melakukan
sosial media marketing di berbagai channel sosial media. Namun, agar hasilnya
efektif diperlukan strategi promosi melalui sosial media yang terencana dan
sesuai dengan bisnis Anda.
1.
Pahami Jenis Sosial Media yang Tepat
Sudah bukan rahasia
lagi kalau ada berbagai macam sosial media yang dipakai di Indonesia.
Namun sosial media mana
yang sesuai untuk meningkatkan
pengunjung blog kita? Untuk menjawab itu, Anda harus menggunakan beberapa
strategi, seperti gunakan 2 jenis media sosial saja dalam mempromosikan blog
Anda, atau bahkan gunakan satu jenis saja.
![]() |
Digital Marketing Tangerang |
2. Re-posting Konten Blog
Menerbitkan kembali atau
re-posting konten blog adalah sebuah keharusan dalam blog marketing.
Jangan takut dianggap
spamming oleh orang-orang karena tidak semua target pembaca melihat postingan
Anda di pagi hari, begitu pun ketika siang ataupun malam. Oleh karena itu,
menentukan jadwal re-posting juga penting. Namun, re-posting tidak akan optimal
jika dilakukan tanpa strategi dan langkah yang jelas. Untuk itu, Anda dapat
mengikuti beberapa langkah berikut:
Pilih
konten
Mantan jurnalis,
blogger senior dan ahli konten Indonesia, Budi Putra pernah berkata bahwa salah
satu karakter konten blog adalah dapat didaur ulang. Artinya, tulisan Anda di
tahun lalu masih bisa menjadi relevan jika bisa dengan tepat di-recycle.
Anda sebelumnya harus
dapat mengindentifikasi terlebih dahulu tren yang sedang berkembang atau
interest dari para pembaca blog Anda. Kemudian Anda dapat memilih konten lama
yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.
3.
Aktifkan Sharing Buttons pada Blog Anda
Ini memberikan kemudahan bagi pembaca untuk
sharing konten blog Anda di sosial media mereka. Ingat, semakin banyak konten
Anda di-share, semakin bagus ranking konten Anda di Google! Tetapi jangan
menyajikan terlalu banyak sharing buttons karena dapat membuat pembaca bingung.
Untuk blog, biasanya Facebook, Google+, Twitter, dan LinkedIn merupakan jenis
media sosial yang paling masuk akal untuk diaktifkan.
4.
Bagikan Potongan Kecil Tulisan Tanpa Tautan
Posisikan dirimu
sebagai pembaca di media sosial. Tentunya akan mengesalkan jika Timeline atau
Feed Anda hanya dipenuhi oleh judul artikel dan tautan. Agar pembaca tidak
kesal dan gaya promosi Anda menjadi lebih variatif, Anda dapat posting cuplikan
dari tulisan-tulisan Anda tanpa menyertakan tautannya. Baca juga disini
5.
Gunakan Hashtags
Salah satu strategi
promosi yang efektif melalui sosial media adalah seberapa akurat dan rajinnya
kita menggunakan hashtag (#).
Contoh di atas
misalnya, menggunakan tanda pagar #website #design agar artikel tersebut lebih
mudah ditemukan oleh pembaca yang mencari topik tersebut di Twitter, misalnya.
Dengan kata lain, hashtag berperan sebagai discovery tool agar pengguna lain
dapat menemukan tweet Anda, bahkan untuk mereka yang bukan follower Anda.
Gunakan hashtag dengan benar! Jangan gunakan terlalu banyak hashtag. Cukup
gunakan maksimal dua buah tanda pagar dalam tweet Anda. Riset telah membuktikan
bahwa menggunakan tagar lebih dari dua hasilnya tidak akan optimal. Anda dapat
membaca bagaimana cara Twitter Marketing yang benar untuk membuktikannya. - Digital Marketing Tangerang
Komentar
Posting Komentar