Digital Marketing Gading Serpong - Strategi Pemasaran yang Murah dan Efektif Menggunakan Media Sosial
Digital Marketing Gading Serpong - Media sosial telah
menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan oleh We are Social and Hootsuite, ada sekitar 130
juta masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial, seperti
Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya.
Total penduduk
Indonesia pada Januari 2018 tercatat sebanyak 265,4 juta jiwa, sedangkan
tingkat penetrasi penggunaan internet mencapai 132,7 juta jiwa. Ini artinya,
sekitar 50% dari penduduk Indonesia telah menggunakan internet.
Berdasarkan data di
atas, 97,9% pengguna internet di Indonesia telah memiliki ataupun menggunakan
media sosial. Angka ini terbilang sangat besar, sehingga tidak mengherankan,
banyak pelaku usaha yang membidik pengguna media sosial sebagai target pasarnya.
Selain murah, media
sosial dapat menjadi sarana memperoleh keuntungan apabila dimanfaatkan dengan
baik. Meskipun terlihat mudah, kenyataannya perlu strategi pemasaran yang
efektif agar produk ataupun jasa yang Anda tawarkan dapat diterima di hati
pengguna media sosial. Berikut beberapa strategi pemasaran yang murah dan
efektif melalui media sosial:
Digital Marketing Gading Serpong |
1.
Pilih Satu Media Sosial Utama
Tentukan satu media
sosial utama yang telah disesuaikan dengan target pasar yang Anda pilih.
Masing-masing media sosial memiliki kecenderungan penggunanya masing-masing.
Misalnya Instagram, yang identik dengan media sosialnya anak muda, maka memilih
Instagram akan sangat menguntungkan apabila target pasar Anda adalah anak-anak
muda.
Setelah memilih media
sosial utama, bukan berarti Anda melupakan media sosial lainnya. Anda juga
perlu memilih media sosial lain yang sekiranya dapat dijadikan sebagai media
sosial pendukung, seperti misalnya, Facebook ataupun Twitter. - Digital Marketing Gading Serpong
2.
Style yang Tepat
Beberapa brand-brand
ternama pasti memiliki gaya tersendiri dalam melakukan pemasaran di media
sosial. Gaya yang dipilih oleh brand-brand tersebut tentu disesuaikan dengan
target pasar.
Jika target Anda adalah
anak-anak muda misalnya, maka Anda perlu menggunakan gaya yang santai dan
kekinian, namun jika target utamanya adalah orang-orang dewasa, maka gaya yang
serius dan elegan, dapat menjadi pilihan yang tepat.
3.
Konten yang Menarik
Buatlah konten
pemasaran sebaik dan semenarik mungkin. Konten menjadi kunci utama keberhasilan
strategi pemasaran dalam media sosial. Tanpa adanya konten yang menarik, semua
hal yang Anda lakukan di media sosial tidak akan membuahkan hasil.
Anda bisa menyewa jasa
penulis konten, apabila Anda tidak mahir dalam membuat konten. Saat ini sudah
banyak yang menyediakan jasa tersebut, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan
keuangan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
4.
Strategi Pengelolaan Waktu
Sebagai seseorang yang
akan memasarkan produknya di media sosial, maka Anda juga harus benar-benar
memahami aktivitas pengguna di media sosial tersebut. Pilihlah waktu dan momen
yang tepat untuk melakukan promosi, misalnya saat banyak pengguna media sosial
yang sedang online, sehingga produk yang Anda tawarkan akan memiliki kesempatan
yang besar untuk dilihat oleh banyak orang.
Melakukan promosi
memang penting, tetapi jangan terlalu sering. Melakukan promosi yang terlalu
sering dapat membuat calon konsumen justru meninggalkan produk Anda karena
kesal ataupun bosan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menerapkan
teknik soft-advetorial, misalnya dalam sebuah artikel maupun postingan yang
dikemas secara menarik dengan sedikit menyelipkan informasi mengenai produk
Anda.
Konsistensi juga
diperlukan dalam menerapkan strategi ini. Anda perlu menentukan jadwal rutin
dalam melakukan promosi, mulai dari harian, mingguan, dan bulanan. Tujuannya
agar calon konsumen tidak melupakan produk yang Anda tawarkan. - Digital Marketing Gading Serpong
4.
Manfaatkan Influencer
Influencer adalah
pengguna media sosial yang memiliki banyak followers, serta memiliki kemampuan
untuk mempengaruhi followersnya. Carilah influencer yang cocok dan dapat
mewakili produk yang Anda tawarkan. Biaya yang dibutuhkan biasanya disesuaikan
dengan jumlah followers, semakin banyak followersnya maka tarifnya akan semakin
mahal.
5.
Dekat dengan Konsumen
Langkah terakhir yang
perlu Anda lakukan adalah menjalin komunikasi personal dengan para konsumen
melalui media sosial. Sering-seringlah berinteraksi dengan konsumen, sehingga
Anda akan mendapatkan teman dan followers yang lebih loyal.
Followers yang loyal
biasanya akan mempromosikan ke teman dekatnya untuk mencoba produk yang Anda
tawarkan. Hal ini tentu menjadi ajang promosi gratis yang sangat menguntungkan
bagi bisnis Anda ke depan.
Demikianlah pembahasan
mengenai strategi pemasaran yang murah dan efektif dengan memanfaatkan media
sosial. Selain strategi pemasaran yang efektif, Anda juga harus mengelola
keuangan bisnis dengan baik agar bisnis Anda semakin berkembang. - Digital Marketing Gading Serpong
Komentar
Posting Komentar