Digital Agency Tangerang - Apa Itu Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?
Digital Agency Tangerang - Apa Itu Influencer?
Secara sederhana,
influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat.
Mereka bisa merupakan
selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap
penting di komunitas tertentu.
Umumnya, seorang
influencer memiliki jutaan pengikut (follower) di media sosial. Namun, tidak
selalu demikian. Seseorang dengan follower ribuan juga bisa disebut influencer
jika punya pengaruh besar kepada audience.
Ya, sesuai namanya,
pengaruh adalah kekuatan seorang influencer. Mereka bisa menjadi trend setter
baik di skala kecil maupun besar. Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang
menggandeng influencer untuk mempromosikan produk berkat pengaruh yang luar
biasa tersebut.
Inilah yang kemudian
dikenal dengan influencer marketing.
Influencer marketing
merupakan salah satu strategi pemasaran
di mana perusahaan mengajak seorang influencer bekerja sama untuk meningkatkan brand awareness dan
penjualan sesuai dengan target pasar yang ditentukan. - Digital Agency Tangerang
Digital Agency Tangerang |
Sebelum masuk ke
penjelasan lebih dalam, mari kita pelajari jenis influencer di dunia pemasaran
digital.
Jenis-Jenis Influencer
Secara umum
jenis-jenisnya bisa dibedakan dari jumlah follower dan media yang digunakan
untuk melakukan promosi produk.
Berikut ini adalah tiga
jenis influencer dilihat dari jumlah banyaknya follower:
1. Mikro
Seorang influencer
mikro biasanya memiliki jumlah follower 10 ribu orang, bahkan kurang.
Dilihat dari jumlahnya,
Anda mungkin berpikir bahwa menggunakan influencer mikro tidak efektif untuk
promosi produk. Kenyataannya, justru sebaliknya.
Kekuatan dari
influencer mikro adalah keterikatan (engagement) dengan followernya. Bahkan,
sebuah studi menunjukkan bahwa kemungkinan konsumen membeli produk dari
rekomendasi influencer mikro mencapai 82%!
Tidak hanya itu,
influencer mikro memiliki audiens yang lebih spesifik pada niche (topik)
tertentu. Dengan memahami audiens-nya, seorang influencer mikro mampu membuat
konten yang lebih relevan dengan followernya
2. Makro
Jika memiliki lebih
dari 100 ribu follower, ia bisa disebut influencer makro. Biasanya influencer
makro adalah sosok yang dikenal luas walaupun belum setenar selebritis.
Dengan jumlah
followernya, influencer makro potensial untuk mempromosikan produk ke lebih
banyak orang. Selain itu, menggunakan influencer makro bisa membuat produk atau
brand Anda terlihat eksklusif.
3. Premium
Inilah top influencer
dengan jumlah follower paling banyak. Seorang premium influencer umumnya
memiliki jutaan follower.
Persentase pembelian
produk dari rekomendasi influencer premium mungkin tidak sebesar influencer
lain, namun tetap saja menjanjikan. Alasannya, jangkauan pesan dari influencer
premium luar biasa luas. - Digital Agency Tangerang
Meski demikian, Anda
perlu memikirkan kesesuaian dengan produk yang Anda tawarkan dan budget yang
Anda miliki.
Di sisi lain, jenis
influencer berdasarkan media yang digunakan terbagi menjadi tiga:
4. Selebgram
Selebgram atau
selebritis Instagram adalah seorang public figure yang menggunakan platform
Instagram sebagai media promosi produk.
Kenapa Instagram
potensial untuk pasar Indonesia? Sebab, Indonesia menempati urutan keempat
pengguna Instagram terbesar di dunia dengan 59 juta pengguna! Data tersebut
menunjukkan bahwa memanfaatkan kepopuleran selebgram bisa diandalkan untuk
promosi produk.
5. YouTuber
YouTuber adalah orang
yang mengunggah video ke YouTube tentang suatu informasi, termasuk informasi
produk. Peran YouTuber sebagai influencer produk cukup signifikan.
Alasannya, lebih dari
90% pengguna internet mengenal produk baru melalui Youtube. Jika Anda bekerja
sama dengan Youtuber yang memiliki follower banyak, tentu potensi menarik
perhatian mereka akan produk Anda kian besar.
6. Blogger
Blogger adalah
seseorang yang memiliki dan mengelola sebuah blog. Tidak sedikit blog yang
digunakan untuk melakukan review tentang suatu produk, seperti blog Sasyachi
yang mengulas beragam produk kecantikan.
Ketika seorang blogger
merekomendasikan produk, tentu akan menarik pembacanya untuk mencoba produk
tersebut. Jika blogger tersebut memiliki pembaca setia yang banyak, pemasaran
produk tentu menjadi lebih mudah dan efektif. - Digital Agency Tangerang
Komentar
Posting Komentar