Digital Marketing Tangerang - Cara Beriklan di Instagram Ads untuk Pemula
Jika
target audience Anda banyak yang menggunakan Instagram, tentu beriklan di
Instagram Ads merupakan suatu kewajiban. Tugas Anda sebagai pemilik bisnis
adalah menjangkau calon konsumen Anda di tempat-tempat yang sering mereka
kunjungi di dunia maya. Instagram adalah salah satunya.
Mengapa Harus
Beriklan di Instagram Ads?
DigitalMarekting Tangerang menginformasikan penggunaan Instagram di Indonesia merupakan
yang terbanyak keempat di dunia. Per November 2018, jumlah pengguna Instagram
Indonesia mencapai 60 juta pengguna. Pengguna terbanyak berasal dari kalangan
usia 18 sampai 34 tahun dan pria mendominasi pengguna Instagram sebanyak 50.5
persen. Tech In Asia juga melaporkan bahwa 45 persen pengguna Indonesia mengaku
sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Sangat bermanfaat sekali
untuk perkembangan bisnis Anda jika anda mengetahui cara menggunakan Instagram
Ads.
Apa itu Instagram
Ads?
Instagram
Ads adalah platform iklan di media sosial Instagram. Anda bisa membuat iklan di
feed Instagram dan Instagram Stories melalui platform ini. Jika sudah familiar
dengan pembuatan iklan di Facebook Ads, membuat iklan di Instagram tidak akan
sulit bagi Anda. Sebab sejak bergabung dengan Facebook pada tahun 2012,
platform iklan keduanya disatukan di bawah Facebook Ads Manager. Jadi
langkah-langkah pembuatan Instagram Ads hampir mirip dengan cara membuat
Facebook Ads.
Tips
Beriklan di Instagram Ads oleh Digital Marketing Tangerang :
Digital Marketing Tangerang |
Maksimalkan
Instagram Stories
Instagram
Stories adalah fitur dari Instagram untuk menampilkan postingan foto atau video
yang hanya berlaku selama 24 jam saja. Setelah 24 jam berakhir, postingan
tersebut akan terhapus secara otomatis. Menariknya adalah 52 persen pengguna
Instagram mengaku lebih tertarik pada merek-merek yang mereka lihat di
Instagram Stories.
Meskipun
durasi Instagram Stories relatif lebih pendek, fitur tersebut bisa menjadi
sumber trafik Anda. Apalagi pengguna cenderung lebih mudah melihat Instagram
Stories karena cara kerja Instagram Stories yang otomatis menampilkan stories
secara beruntun. Dan iklan Anda bisa muncul di antara stories-stories tersebut.
Visual adalah Kunci
Instagram
adalah media sosial yang menitikberatkan kontennya pada visual. Sebab konten
utama Instagram adalah foto dan video. Berbeda dengan media sosial lain yang
memungkinkan Anda untuk memposting tulisan saja. Instagram mengharuskan Anda
mengunggah foto atau video di setiap postingan. Hal ini menuntut Anda untuk
menampilkan iklan dengan visual yang menarik.
Buat Iklan yang
Natural
Membuat
konten dengan visual yang menarik adalah satu hal. Hal lain yang penting adalah
Anda harus bisa membuat iklan tersebut natural di mata target audience Anda.
Lakukan riset mengenai target audience Anda, cari tahu konten seperti apa yang
biasa mereka lihat di Instagram dan konten seperti apa yang mereka sukai.
Setelah memahami minat dan kebiasaan target audience, Anda bisa dengan mudah
membuat konten yang seolah-olah bukan iklan ketika mereka melihatnya.
Ukuran Gambar
Instagram Ads
Seperti
yang sudah saya sebutkan sebelumnya, setiap format iklan di Instagram Ads
membutuhkan gambar yang berbeda-beda ukurannya. Berikut ukuran gambar yang
sesuai untuk masing-masing format iklan:
Single Image (Gambar Tunggal)
Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels
Ukuran Facebook and Instagram
Stories: 1,080 x 1,920 pixels
Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped
to 1.91:1 jika ada tautan)
Carousel (Karosel)
Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080
pixels (30MB max)
Rasio Gambar: 1:1 (persegi)
Slideshow (Tayangan Slide)
Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3
Format Video: .mov or .mp4 file
types
Single Video (Video Tunggal)
Format Video : .mp4, .mov, and
.gif adalah yang paling ideal
Aspek
Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)
Resolusi:
minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and
aspek rasio yang Anda pilih)
Ukuran
File: maksimal 4GB
Durasi
Video (Instagram) : 1 sampai 60 detik
Panjang
Video untuk Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik
Biaya Iklan di
Instagram Ads
Sama
hal nya dengan Facebook Ads, biaya untuk beriklan di Instagram Ads juga
terjangkau yaitu sekitar Rp 25.000 untuk beriklan di Instagram Ads selama satu
hari. Semakin banyak dana yang Anda alokasikan, semakin banyak pula jumlah
orang yang dapat Anda jangkau.
Anda
juga bisa menganggarkan dana iklan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya saja
Anda menganggarkan dana sebesar Rp 500.000 untuk beriklan selama satu minggu.
Untuk metode pembayarannya bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit.
Kesimpulan –
Digital Marketing Tangerang
Menguasai
cara beriklan di Instagram sudah menjadi keharusan bagi sebagian besar pemilik
bisnis karena aktifnya pengguna di media sosial tersebut. Banyaknya influencer
dan figur publik yang aktif menggunakan Instagram menjadikan media sosial ini
semakin ramai.
Sebagai
pemilik bisnis, Anda tentunya tidak bisa mengabaikan keramaian tersebut.
Terutama bagi para pemilik bisnis yang konsumennya berasal dari kalangan umur
18 sampai 34 tahun, Instagram adalah ladang untuk mendulang keuntungan.
Cara
membuat Instagram Ads adalah langkah awal untuk menjangkau konsumen Anda.
Subscribe blog Niagahoster untuk mendapatkan tips-tips marketing online dan
bisnis online terbaru. Selamat beriklan di Instagram Ads! Baca juga disini
Komentar
Posting Komentar